Langsung ke konten utama

COMPETITION OF SOCIOLOGY UNIVERSITAS NEGERI MALANG (OSUM) 2024

 Malang, 21 April 2024 – Babak pertama Olimpiade Sosiologi UM 2024 dilaksanakan. Pada babak ini merupakan babak penyisihan yang diikuti oleh kurang lebih 290 Peserta yang merupakan siswa siswi SMA sederajat dari berbagai wilayah. Dari 290 peserta ini nantinya hanya akan diambil sebanyak 30 peserta saja yang akan maju pada babak semifinal.

Babak penyisihan dilaksanakan di Aula HOS Cokroaminoto, Gedung A6, Fakultas Ilmu Sosial oleh seluruh panitia yang merupakan anggota Himpunan Mahasiswa Sosiologi UM 2024. Panitia bertugas mengawasi peserta saat melakukan ujian melalui zoom meeting untuk menghindari tindakan kecurangan yang mungkin dilakukan oleh para peserta. 

Kegiatan babak penyisihan OSUM dimulai pada pukul 07.00 WIB yang dimulai dengan briefing panitia yang dilakukan oleh  Nadia Zanuba Lizra selaku Ketua Pelaksana OSUM 2024 dan dilanjutkan dengan Hanum Hafsahrani selaku Wakil Ketua Pelaksana OSUM 2024. Ketua Pelaksana dan wakilnya menyampaikan agar seluruh panitia dapat bekerjasama dengan baik saat berjalannya acara agar babak penyisihan OSUM ini berjalan dengan lancar. 

Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pada zoom meeting yang dipimpin oleh MC yakni Ridha Indah dan sekaligus untuk pembacaan tata tertib babak penyisihan OSUM 2024. Setelah itu, kegiatan inti dilaksanakan dengan para peserta mengerjakan soal ujian yang telah disediakan melalui web sibiti. Soal-soal tersebut merupakan soal pilihan ganda yang berjumlah 50. Yang dimana soal-soal tersebut sudah di pilih dan di seleksi oleh para panitia yang bertugas serta dosen pembuat soal pada babak penyisihan OSUM kali ini. 

Dan tiba saatnya pada 23 April 2024, Nama-nama peserta yang lolos ke babak semifinal diumumkan melalui instagram HMD Sosiologi yakni @sosiologium dan grup Whatsapp. Terdapat 30 peserta yang lolos ke babak semifinal OSUM 2024.

Sampai tibanya pada penghujung acara babak penyisihan OSUM berjalan dengan lancar hingga pukul 10.30 dan kemudian kembali ditutup oleh  MC dan sedikit kata-kata dari ketua pelaksana. Selanjutnya, seluruh panitia membersihkan ruangan yang telah dipakai dan melakukan kegiatan evaluasi untuk merefleksikan acara yang telah dilakukan pada hari ini. Evaluasi dilakukan hingga pukul 12.10. Setelah itu, kegiatan OSUM 2024 ini ditutup dengan do’a oleh Nadia.

Setelah Babak penyisihan Olimpiade Sosiologi UM (OSUM) telah berhasil dilaksanakan. Sebanyak 30 dari 290 peserta berhak melanjutkan babak semifinal yang dilaksanakan pada Minggu, 5 Mei 2024. Pengerjaan babak semifinal yakni hampir sama dengan babak penyisihan, akan tetapi pada babak semifinal ini soal-soal bukan dalam bentuk pilihan ganda lagi, melainkan bentuk essay yang dimana para peserta diberikan satu kasus dan harus bisa memecahkan kasus tersebut. Peserta diberi waktu selama 25 menit pengerjaan, yang dimana jika peserta belum menyelesaikan soal akan tetapi waktu sudah habis platfrom sibiti akan otomatis tertutup dan jawaban langsung tersimpan di sistem. Jadi, para peserta harus bisa fokus, teliti, cepat dan tepat dalam mengerjakan soal-soal yang telah diberikan. 

Dalam pelaksanaannya, peserta wajib diawasi oleh beberapa panitia yang bertugas secara offline melalui aplikasi Zoom Meeting. Selain memantau, panitia juga bertugas menegur peserta jika terdapat gerak-gerik yang mencurigakan. Hal ini dilakukan agar acara OSUM 2024 tetap berjalan dengan ‘aman’, meski panitia tidak dapat memantau peserta secara langsung. 

Kegiatan panitia offline dimulai dengan persiapan pada pukul 07.00, lalu registrasi dan presensi peserta pada pukul 07.30 yang dipantau oleh sie administrasi dan sie PDD. Selanjutnya dilakukan pembukaan oleh Ketua Pelaksana, sebelum pembagian breakout room pengawas. Pada pukul 09.00, peserta mulai login pada platform sibiti dan mengerjakan soal yang nantinya platfrom akan dibuka oleh sie naskah yang bertugas. Setelah pengerjaan soal telah usai, sie naskah kembali untuk merekap jawaba para peserta yang dibantu oleh sie administrasi. Terakhir, dilakukan penutupan oleh MC melalui Zoom dan sie humas menyampaikan kata-kata terimakasih melalui grup WhatsApp. 

Dan tiba saatnya Pada 8 Mei 2024, nama-nama peserta yang lolos babak semifinal diumumkan melalui Instagram @sosiologium dan grup Whatsapp. Terdapat 10 peserta yang berhak melanjutkan babak final.

Dan tiba saatnya pada babak final OSUM 2024 yang dilaksanakan pada Minggu, 19 Mei 2024. Babak final OSUM (Olimpiade Sosiologi Universitas Negeri Malang) 2024 yang merupakan babak terkahir dalam serangkaian acara Olimpiade Sosiologi UM tingkat SMA sederajat. Babak final OSUM diikuti oleh 10 peserta yang telah lolos melewati babak semifinal sebelumnya, serta dilaksanakan secara online bagi seluruh peserta melalui Zoom Meeting dan offline bagi panitia di Laboratorium Sosiologi UM. 

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan registrasi seluruh peserta pada Zoom Meeting dan melakukan absensi yang telah dikirim oleh panitia melalui grup Whatsapp maupun kolom chat di zoom meeting. Babak final OSUM dibuka oleh MC oleh saudari Ridha Indah, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan pembacaan SOP babak final serta berdoa bersama yang dipimpin oleh saudara Iqbal. Kegiatan selanjutnya yakni sambutan-sambutan, yang dilakukan oleh saudari Nadia Zanuba selaku ketua pelaksana, dilanjutkan dengan Bapak Drs. H. Nur Hadi, S.Pd, M.Si, selaku ketua departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UM, dan juga oleh Dr. Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum, selaku Wakil Dekan I FIS UM sekaligus sebagai pembuka acara.

Selanjutnya acara dialihkan kepada moderator yakni saudara Meli. Seluruh peserta dan panitia kemudian dipandu untuk melakukan foto bersama secara virtual. Setelah melakukan sesi foto bersama, moderator sedikit memperkenalkan para juri kita pada babak final OSUM kali ini. Yang pertama yakni ada bapak  Arif Rahman Hakim M.A selalu dosen dari Universitas Lampung Mangkurat. Yang kedua ada bapak Awan Setia Dharmawan, S.Sos., M. Si selalu dosen Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang dan Yang terakhir ada ibu Lulus Triningsih, S.Sos, M.A selalu dosen Pendidikan IPS Universitas Negeri Malang. Setelah memperkenalkan dan membacakan cv para juri, moderator mengiringi untuk masuk pada acara inti, yakni sesi presentasi yang dilaksanakan selama 10 menit dan dilanjutkan dengan feedback / tanya jawab oleh juri selama 10 menit, untuk tiap peserta. Kegiatan inti berjalan dengan lancar hingga pukul 12.30 WIB. 

Babak final OSUM 2024 diakhiri dengan dengan pengumuman pemenang secara langsung. Pemenang juara 1, 2, dan 3, juara harapan 1, 2, dan 3 mendapatkan benefit berupa ilmu yang bermanfaat, marchindise, piala, plakat, dan uang pembinaan.  Dan kemudian acara dikembalikan kepada MC untuk menutup acara pada hari ini pada pukul 13.10,dan dilanjutkan dengan evaluasi panitia. 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOSIALISASI DAN WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2023

Malang, 30/09/2023 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang. Tahun ini kegiatan Sosialisasi PKM mengusung tema "Upgrade Your Activity To Unlimited Creativity" dengan harapan para mahasiswa sosiologi bisa meningkatkan kreativitas dan idenya tanpa terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia PKM kepada mahasiswa Pendidikan Sosiologi agar dapat menyusun proposal PKM dengan baik. Sosialisasi tersebut dilakukan secara online melalui zoom meeting dan untuk tahun ini kegiatan sosialisasi PKM dikemas cukup berbeda dibandingkan tahun lalu. Dimana pada tahun ini terdapat dua rangkaian acara yang pertama yaitu sosialisasi itu sendiri dan yang kedua adalah Workshop PKM yang dilakukan 4 minggu setelah kegiatan sosialisasi PKM. Kegiatan Sosialisasi PKM dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu saudari Sofea Erra Malindo. Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia raya da

SOSIOLOGI MENGABDI 2024

 SOSIOLOGI MENGABDI Pengabdian masyarakat merupakan suatu bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sosial. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dalam berbagai program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Melalui program pengabdian masyarakat, diharapkan panitia Sosiologi Mengabdi ini dapat belajar langsung dari masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan sekitar, khususnya pada tempat pelaksanaan pengabdian kita yang bertempat di Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kegiatan ini dilakukan secara dua hari yang dimana hari pertama diisi dengan acara pembukaan, lalu dilanjut dengan sosialisasi terkait penyakit DBD di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, lalu dilanjut dengan sosialisasi terhadap warga setempat dan yang terakhir adalah nimbrung bareng KARTAR “Karang Taruna” desa. Dan hari kedua diisi dengan senam bersama, kerjabakti sungai dan

SOSIOLOGI CUP 2024⚽🏸

Malang, 13 September 2024 hingga 15 september 2024 telah terlaksananya program kerja terbaru HMD Sosiologi UM bidang olahraga yakni Sosiologi Cup (SOSCUP). Kegiatan SOSCUP 2024 ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Pada hari pertama, terdapat pertandingan futsal internal yang diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM angkatan 2021-2024. Pada pertandingan futsal ini juara satu dimenangkan oleng tim futsal AWANG FC dan juara dua dimenangkan oleh tim BONVEN FC. Dilanjutkan pada hari kedua, pertandingan badminton yang juga diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM. Yang juara satu dimenangkan oleh offering A angkatan 2023 dan juara dua dimenangkan oleh offering A angkatan 2022. Selanjutnya di hari terakhir ini terdapat pertandingan futsal yang melibatkan pihak eksternal, yakni mahasiswa sosiologi Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Yang dimana pada pertadingan futsal eksternal ini mengambil tiga juara terbaik. Juara pertama