Langsung ke konten utama

SOSIALISASI DAN WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2023

Malang, 30/09/2023 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang. Tahun ini kegiatan Sosialisasi PKM mengusung tema "Upgrade Your Activity To Unlimited Creativity" dengan harapan para mahasiswa sosiologi bisa meningkatkan kreativitas dan idenya tanpa terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia PKM kepada mahasiswa Pendidikan Sosiologi agar dapat menyusun proposal PKM dengan baik. Sosialisasi tersebut dilakukan secara online melalui zoom meeting dan untuk tahun ini kegiatan sosialisasi PKM dikemas cukup berbeda dibandingkan tahun lalu. Dimana pada tahun ini terdapat dua rangkaian acara yang pertama yaitu sosialisasi itu sendiri dan yang kedua adalah Workshop PKM yang dilakukan 4 minggu setelah kegiatan sosialisasi PKM.

Kegiatan Sosialisasi PKM dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu saudari Sofea Erra Malindo. Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia raya dan pembacaan doa yang dipimpin oleh saudari Emilia Putri Purnama. Berikutnya yaitu penyampaian sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua pelaksana yaitu saudari Avika Putri Kusumawardani. Sambutan kedua sekaligus yang membuka acara Sosialisasi PKM 2023 disampaikan oleh Sekretaris Departemen Sosiologi, Bapak Nanda Harda Pratama Meiji, S.Sos, M.A yang mewakili Bapak Drs. H. Nur Hadi, M.Pd, M.Si selaku Ketua Departemen Sosiologi yang berhalangan hadir pada saat itu. Setelah acara dibuka secara resmi, maka acara memasuki kegiatan inti yaitu penyampaikan materi sosialisasi yang dibawakan oleh pemateri hebat kita yaitu Bapak Andika Nur Rahma Putra, S.Pd., M.Pd. 

Sesi penyampaian materi berlangsung selama kurang lebih 60 menit dan dipandu oleh moderator Irene Gabriela Phefferkorn. Materi yang diberikan oleh Bapak Andika sangat mendetail yang mana beliau menguliti hal-hal terkait PKM mulai dari akar-akarnya. Hal tersebut dapat dilihat saat sesi tanya jawab dimana banyak peserta yang antusias bertanya, baik melalui kolom chat maupun langsung raise hand di room meeting. Setelah sesi tanya jawab berakhir, moderator mengembalikan acara kepada master of ceremony dan menandakan bahwa kegiatan Sosialisasi PKM 2023 telah berakhir. Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu Wokrshop PKM 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2023. Kegiatan Workshop PKM ini diadakan secara Offline di Aula Ki Hajar Dewantara Lantai 7 FIS UM. 

Workshop Program Kreativitas Mahasiswa dimulai dengan pembukaan oleh Master Of Ceremony yaitu saudari Arini Okta. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Amelia kemudian dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin oleh saudari Khansa. Setelah itu, acara disambung dengan penyampaian sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Avika Putri Kusumawardani selaku ketua pelaksana Sosialisasi dan Workshop PKM 2023. Lalu, sambutan kedua sekaligus pembukaan acara disampaikan oleh Ketua Departemen Sosiolgi, Bapak Drs. H. Nur Hadi, M.Pd., M.Si. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi konsultasi peserta dengan dosen pembimbingnya. Sesi konsultasi dilakukan dengan estimasi waktu setiap kelompok 20 menit. Peserta bisa sharing dan bertukar pikiran dengan dosen pembimbingnya terkait judul yang diangkat. 

Setelah sesi konsultasi dengan dosen pembimbing selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaikan feedback proposal peserta oleh Bapak Andika Nur Rahma Putra, S.Pd., M.Pd selaku pemateri sejak acara Sosialisasi PKM 2023. Saat penyampaian feedback, Bapak Andika menampilkan power point yang berisi beberapa sampel proposal peserta yang terindikasi masih terdapat kesalahan. Bapak Andika menguliti proposal peserta mulai dari judul hingga penyusunan bidoata peserta. Setelah penyampaian feedback secara general tersebut, Bapak Andika mendatangi beberapa kelompok untuk diberikan feedback langsung. Antusiasme peserta saat itu sangat tinggi dimana banyak kelompok yang berebut agar didatangi oleh Bapak Andika. Setelah itu, kegiatan berada dipenghujung acara ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada Bapak Andika dan dilakukan sesi foto bersama kemudian acara ditutup oleh Master Of Ceremony. 

Berakhirnya kegiatan Sosialisasi dan Workshop PKM bukan berarti acara tersebut hanya sampai disitu saja. Setelah Wokshop PKM selesai, peserta diminta untuk melanjutkan menyelesaikan proposalnya hingga pada akhirnya di tahun mendatang diajukan untuk seleksi Program Kreativitas Mahasiswa. Oleh karena itu, adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi mahasiswa sosiologi dalam mengikuti Program Kretivitas Mahasiswa. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan bisa memupuk semangat mahasiswa sosiologi untuk terus berprestasi dan berkreasi tanpa batas. Semangat Road to PKM 2024 :)

Written By: Emilia Putri Purnama









Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOSIOLOGI MENGABDI 2024

 SOSIOLOGI MENGABDI Pengabdian masyarakat merupakan suatu bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sosial. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dalam berbagai program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Melalui program pengabdian masyarakat, diharapkan panitia Sosiologi Mengabdi ini dapat belajar langsung dari masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan sekitar, khususnya pada tempat pelaksanaan pengabdian kita yang bertempat di Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kegiatan ini dilakukan secara dua hari yang dimana hari pertama diisi dengan acara pembukaan, lalu dilanjut dengan sosialisasi terkait penyakit DBD di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, lalu dilanjut dengan sosialisasi terhadap warga setempat dan yang terakhir adalah nimbrung bareng KARTAR “Karang Taruna” desa. Dan hari kedua diisi dengan senam bersama, kerjabakti sungai dan

SOSIOLOGI CUP 2024⚽🏸

Malang, 13 September 2024 hingga 15 september 2024 telah terlaksananya program kerja terbaru HMD Sosiologi UM bidang olahraga yakni Sosiologi Cup (SOSCUP). Kegiatan SOSCUP 2024 ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Pada hari pertama, terdapat pertandingan futsal internal yang diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM angkatan 2021-2024. Pada pertandingan futsal ini juara satu dimenangkan oleng tim futsal AWANG FC dan juara dua dimenangkan oleh tim BONVEN FC. Dilanjutkan pada hari kedua, pertandingan badminton yang juga diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM. Yang juara satu dimenangkan oleh offering A angkatan 2023 dan juara dua dimenangkan oleh offering A angkatan 2022. Selanjutnya di hari terakhir ini terdapat pertandingan futsal yang melibatkan pihak eksternal, yakni mahasiswa sosiologi Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Yang dimana pada pertadingan futsal eksternal ini mengambil tiga juara terbaik. Juara pertama