Langsung ke konten utama

SOCIOLOGY FESTIVAL 2023

Malang, 04/11/2023 - Telah dilaksanakan kegiatan Sociology Festival 2023 yang di selanggarakan di lapangan B2 Universitas Negeri Malang. Sociology Festival atau yang disingkat dengan Sosfest ini mengusung tema “Navigating The Social Spectrum, Celebrating Colors of Collaboration” yang bermakna menjelajahi dinamika sosial yang ada di dalam kehidupan kampus, dan memahami keberagaman untuk menjalin persatuan. Dimana mahasiswa-mahasiswa Departemen Sosiologi Universitas Negeri Malang berasal dari berbagai daerah dengan karakteristik mereka masing-masing sehingga sangat dibutuhkan kemistri untuk bisa menjalin sebuah persatuan. Kegiatan Sosfest ini merupakan puncak kegiatan inagurasi mahasiswa baru Departemen Sosiologi. Namun, acara ini di buka secara umum untuk seluruh mahasiswa di kota Malang. Sosfest kali ini menyuguhkan penampilan dari para maba sosiologi, mahasiswa sosiologi dari angkatan 2020-2023, BKT Fakultas Ilmu Sosial, guest star, dan bazar. 

Acara di mulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Muhammad Fauzan Al Dzikri dan Viona Joda Elsana selaku Master of Ceremony yang memandu acara dari awal hingga akhir. Setelah pembukaan yang dilakukan oleh kedua MC, acara selanjutnya adalah doa bersama oleh seluruh penonton yang hadir. Acara berikutnya yakni sambutan sekaligus yang membuka acara Sosfest 2023 di sampaikan oleh ketua pelaksana Sosfest 2023 yakni Aditya Bagus Satria. Pembukaan beserta sambutan yang meriah telah terlewati, kemudian acara mulai beralih pada penampilan-penampilan. Penampilan pertama dibawakan mahasiswa baru Departemen Sosiologi dari kelompok Erklaren Ibnu Khaldun yang menampilkan tari Kecak. Mereka dapat menampilkan penampilan yang menarik dengan gabungan musik khas tari kecak dan musik modern yang menyatu dengan gerakan tari mereka. 

Selanjutnya adalah penampilan kelompok kedua, yakni Herbert Spencer yang menampilkan drama musikal dengan tema "Bullying". Selain dari penampilan para maba, Sosfest 2023 juga menampilkan penampilan yang tak kalah memukau dari mahasiswa Sosiologi angkatan 2020-2023 yakni penampilan tari tradisional Jaran Dawuk oleh Socio’s Dance Crew, kemudian penampilan dance modern dari grup dance Do re mi, dan yang terakhir adalah penampilan akustik. Tidak sampai pada penampilan mahasiswa Sosiologi, tetapi juga ada penampilan dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial yaitu BKT. Penampilan  BKT yang pertama yakni  dari Soda Crew, dimana menampilkan modern dance yang tak kalah menarik. BKT yang kedua di bawakan oleh Laisos, band dari Fakultas Ilmu Sosial yang menampilkan tiga lagu. Para penonton semarak bernyanyi dan menggalau bersama saat Laisos mebawakan lagu-lagu indahnya.

Di tengah-tengah penampilan dari para penampil, dilaksanakan kegiatan penghargaan Anggota HMD of The Year. Penghargaan ini dibacakan oleh ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Sosiologi dan wakilnya yakni Mochammad Crisna Dwi Sukma dan Saiful Nur Kholis. Pemenang penghargaan Anggota HMD of The Year di raih oleh Emilia Putri Purnama. Selain adanya penghargaan, juga diadakan kuis yang mana di menangkan oleh tiga penonton yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh MC. Kemudian ketiga penonton yang beruntung tersebut mendapatkan bingkisan hadiah yang di sponsori oleh By.U. Selanjutnya, setelah penampilan dari para mahasiswa juga pemberian penghargaan, acara berlanjut pada acara inti yakni penampilan dari Guest Star. Sosfest 2023 mengundang Guest Star keren yakni DJ Andreanz. Malam itu, panggung Sosfest diguncang dengan hebat oleh DJ Andreanz dan tak lupa para penonton yang sangat antusias bersenang-senang bersama. 

Rangkaian acara inti sudah terlewati dengan penuh semangat oleh para penonton dengan adanya DJ Andreanz. Acara berjalan dengan meriah, meskipun pada sore hari sempat diguyur oleh hujan deras. Namun pada akhirnya, kegiatan dapat berjalan dengan lancar hingga akhir. Tidak lupa ucapan terima kasih banyak terhadap pihak-pihak yang telah terlibat yakni dosen dan tendik Sosiologi, media partner, serta para penonton yang telah hadir dengan antusias. Acara Sosfest 2023 ini juga mendapatkan dukungan dari para pihak sponsor yakni By.U, Jade, Jai Lalapan, Sponsor Event, Linggar Prabangkara, Aice, dan Club. Terima kasih juga diucapkan untuk para panitia yang telah bertugas untuk mensukseskan acara Sosfest 2023 ini. Diharapkan dengan adanya Sosfest ini para mahasiswa bisa bersenang-senang bersama dan menciptakan kenangan yang nanti akan terus diingat sampai hari tua. 


Written by : Viona Joda Elsana 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOSIALISASI DAN WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2023

Malang, 30/09/2023 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang. Tahun ini kegiatan Sosialisasi PKM mengusung tema "Upgrade Your Activity To Unlimited Creativity" dengan harapan para mahasiswa sosiologi bisa meningkatkan kreativitas dan idenya tanpa terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia PKM kepada mahasiswa Pendidikan Sosiologi agar dapat menyusun proposal PKM dengan baik. Sosialisasi tersebut dilakukan secara online melalui zoom meeting dan untuk tahun ini kegiatan sosialisasi PKM dikemas cukup berbeda dibandingkan tahun lalu. Dimana pada tahun ini terdapat dua rangkaian acara yang pertama yaitu sosialisasi itu sendiri dan yang kedua adalah Workshop PKM yang dilakukan 4 minggu setelah kegiatan sosialisasi PKM. Kegiatan Sosialisasi PKM dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu saudari Sofea Erra Malindo. Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia raya da

SOSIOLOGI MENGABDI 2024

 SOSIOLOGI MENGABDI Pengabdian masyarakat merupakan suatu bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sosial. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dalam berbagai program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Melalui program pengabdian masyarakat, diharapkan panitia Sosiologi Mengabdi ini dapat belajar langsung dari masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan sekitar, khususnya pada tempat pelaksanaan pengabdian kita yang bertempat di Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kegiatan ini dilakukan secara dua hari yang dimana hari pertama diisi dengan acara pembukaan, lalu dilanjut dengan sosialisasi terkait penyakit DBD di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, lalu dilanjut dengan sosialisasi terhadap warga setempat dan yang terakhir adalah nimbrung bareng KARTAR “Karang Taruna” desa. Dan hari kedua diisi dengan senam bersama, kerjabakti sungai dan

SOSIOLOGI CUP 2024⚽🏸

Malang, 13 September 2024 hingga 15 september 2024 telah terlaksananya program kerja terbaru HMD Sosiologi UM bidang olahraga yakni Sosiologi Cup (SOSCUP). Kegiatan SOSCUP 2024 ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Pada hari pertama, terdapat pertandingan futsal internal yang diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM angkatan 2021-2024. Pada pertandingan futsal ini juara satu dimenangkan oleng tim futsal AWANG FC dan juara dua dimenangkan oleh tim BONVEN FC. Dilanjutkan pada hari kedua, pertandingan badminton yang juga diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM. Yang juara satu dimenangkan oleh offering A angkatan 2023 dan juara dua dimenangkan oleh offering A angkatan 2022. Selanjutnya di hari terakhir ini terdapat pertandingan futsal yang melibatkan pihak eksternal, yakni mahasiswa sosiologi Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Yang dimana pada pertadingan futsal eksternal ini mengambil tiga juara terbaik. Juara pertama