Langsung ke konten utama

KAJIAN LITERASI HMD SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2023

Malang, 23/09/2023 - Telah dilaksanakan kegiatan Kajian Literasi oleh HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang. Kegiatan kajian literasi kali ini mengusung tema "Everyone Can Contribute For Education". Melalui via zoom meeting, kegiatan ini bertujuan untuk membedah dan mengkaji mengenai buku dari penulis hebat, Rizki M.Ramdhan, S.Pd., M.Sos dengan judul buku "Pendidikan Multikultural". Acara ini di kemas dengan gaya acara talk show yang tentunya sangat menyenangkan. 

Acara di mulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Nadia selaku Master of Ceremony. Untuk memupuk rasa semangat nasionalisme, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya menjadi kegiatan selanjutnya. Kemudian, agar acara Kajian Literasi mendapatkan berkah dan manfaat maka dilakukanlah doa yang di pimpin oleh Aldzikri. Setelah menyelesaikan doa, acara memasuki kegiatan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua pelaksana Kajian Literasi yaitu Arini Okta. Disambung oleh ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang yakni Mochammad Crisna Dwi Sukma. 

Sambutan yang terakhir sekaligus membuka acara kajian literasi kali ini disampaikan oleh Bapak Drs. H. Nur Hadi, M.Pd., M.Si. selaku ketua Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Setelah sambutan-sambutan yang telah di sampaikan, selanjutnya adalah sesi foto bersama. Berlanjut pada acara inti, yakni penyampaian materi mengenai buku yang berjudul "Pendidikan Multikultural" oleh Rizki M.Ramdhan, S.Pd., M.Sos. Penyampaian materi kali ini di damping oleh pemantik hebat dari HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang yakni Sekar Wulan. 

Buku dengan ukuran 14x21 cm berjumlah 200 halaman itu membahas mengenai pendidikan multikultural yang merupakan ide gerakan pembaharuan pendidikan dengan proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi manusia. Hal ini dilakukan agar manusia dapat menghargai pluralitas dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama) serta memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai prestasi akademis di dunia pendidikan. Pada kondisi ini, sistem dan proses pendidikan berfungsi sebagai media yang mendukung bangsa yang beradab dan mampu menghargai perbedaan atau keberagaman. Penulis berharap pembaca dapat memiliki mindset untuk bisa menghargai setiap perbedaan yang ada. 

Setelah sesi pemaparan materi yang luar biasa, selanjutnya adalah sesi tanya jawab oleh penulis dan peserta. Kemudian, sesi tanya jawab di selesaikan dengan sempurna dan moderator mengembalikan acara kepada MC. Kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan penutupan yang dipandu oleh MC Nadia. Begitulah rangkaian acara Kajian Literasi tahun 2023 sebagai penambah wawasan mengenai pendidikan multikultural yang ada di Indonesia. Dengan adanya acara ini, diharapkan para audiens mampu menggerakkan jiwa toleransinya untuk menyikapi segala heterogenitas pada bangsa kita. Selain itu, audiens juga diharapkan memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Written by : Viona Joda Elsana







Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOSIALISASI DAN WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2023

Malang, 30/09/2023 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang. Tahun ini kegiatan Sosialisasi PKM mengusung tema "Upgrade Your Activity To Unlimited Creativity" dengan harapan para mahasiswa sosiologi bisa meningkatkan kreativitas dan idenya tanpa terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia PKM kepada mahasiswa Pendidikan Sosiologi agar dapat menyusun proposal PKM dengan baik. Sosialisasi tersebut dilakukan secara online melalui zoom meeting dan untuk tahun ini kegiatan sosialisasi PKM dikemas cukup berbeda dibandingkan tahun lalu. Dimana pada tahun ini terdapat dua rangkaian acara yang pertama yaitu sosialisasi itu sendiri dan yang kedua adalah Workshop PKM yang dilakukan 4 minggu setelah kegiatan sosialisasi PKM. Kegiatan Sosialisasi PKM dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu saudari Sofea Erra Malindo. Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia raya da

SOSIOLOGI MENGABDI 2024

 SOSIOLOGI MENGABDI Pengabdian masyarakat merupakan suatu bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sosial. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dalam berbagai program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Melalui program pengabdian masyarakat, diharapkan panitia Sosiologi Mengabdi ini dapat belajar langsung dari masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan sekitar, khususnya pada tempat pelaksanaan pengabdian kita yang bertempat di Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kegiatan ini dilakukan secara dua hari yang dimana hari pertama diisi dengan acara pembukaan, lalu dilanjut dengan sosialisasi terkait penyakit DBD di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, lalu dilanjut dengan sosialisasi terhadap warga setempat dan yang terakhir adalah nimbrung bareng KARTAR “Karang Taruna” desa. Dan hari kedua diisi dengan senam bersama, kerjabakti sungai dan

SOSIOLOGI CUP 2024⚽🏸

Malang, 13 September 2024 hingga 15 september 2024 telah terlaksananya program kerja terbaru HMD Sosiologi UM bidang olahraga yakni Sosiologi Cup (SOSCUP). Kegiatan SOSCUP 2024 ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Pada hari pertama, terdapat pertandingan futsal internal yang diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM angkatan 2021-2024. Pada pertandingan futsal ini juara satu dimenangkan oleng tim futsal AWANG FC dan juara dua dimenangkan oleh tim BONVEN FC. Dilanjutkan pada hari kedua, pertandingan badminton yang juga diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM. Yang juara satu dimenangkan oleh offering A angkatan 2023 dan juara dua dimenangkan oleh offering A angkatan 2022. Selanjutnya di hari terakhir ini terdapat pertandingan futsal yang melibatkan pihak eksternal, yakni mahasiswa sosiologi Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Yang dimana pada pertadingan futsal eksternal ini mengambil tiga juara terbaik. Juara pertama