Langsung ke konten utama

KEMAH BAKTI PENGURUS HMD SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2023

Malang, 25/02/2023 - 26/02/2023 telah dilaksanakan acara Kemah Bakti Pengurus yang lebih sering kita kenal dengan sebutan MAKRAB (Malam Keakraban) HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang Kabinet Bimasatya dengan mengusung tema "Together to Light Up, Unite in Synergy". Kegiatan tersebut dilakukan di Villa Keluarga T yang terletak di Kota Batu pada Jum'at (25/02) dan Sabtu (26/02) yang diikuti oleh seluruh anggota HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang periode tahun 2023. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan membangun sebuah chemistry antar anggota untuk mengenal satu sama lain sebagai bekal melaksanakan tanggung jawab selama satu periode ke depan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara yang dilakukan pada hari jum'at malam yang dipandu oleh MC Tirto dan Dita. Acara dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Umum Himpunan Sosiologi yaitu Mochammad Crisna Dwi Sukma. Berikutnya dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Wakil Ketua Himpunan sekaligus ketua pelaksana kegiatan Kemah Bakti Pengurus tahun 2023 yaitu Saiful Nur Kholis. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan anggota dan presentasi program kerja serta agenda oleh masing-masing bidang. Adapun pengenalan yang pertama yaitu dari Badan Pengurus Harian (BPH), Bidang Penalaran, Bidang Humas, dan yang terakhir dari Bidang Bakat dan Minat. 

Setelah kegiatan pengenalan oleh setiap bidang, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh demisioner. Materi pertama disampaikan oleh Danu Perwiro selaku Ketua Himpunan HMD Sosiologi Periode 2021. Materi yang diberikan yaitu terkait peraturan Sidang AD/ART. Setelah itu, disambung dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Himpunan dan Wakil Ketua Himpunan HMD Sosiologi periode 2020 (Azzam dan Ilham). Dimana mereka memberikan motivasi, pesan, dan sharing pengalaman kepada seluruh anggota HMD Sosiologi periode 2023 untuk dijadikan bahan evaluasi dan refleksi dalam menjalankan periode HMD satu tahun kedepan.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi dan game sesion. Kegiatan senam dipandu oleh Malindo dan diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh antusias. Selanjutnya game sesion dilakukan dengan melakukan 3 permainan yaitu game serang balon, game oper air, dan game lilin. Permainan dilaksanakan oleh peserta dengan penuh semangat dan setiap kelompok sangat kompak untuk berusaha memenangkan permainan. Setelah itu, kegiatan dilakukan dilanjutkan dengan penutupan acara dengan pemberian sambutan oleh Ketua Himpunan dan Wakil ketua Himpunan. Selain itu, di akhir acara juga ada pembagian doorprize bagi kelompok yang memenangkan games. 
Dengan diadakannya kegiatan Kemah Bakti Pengurus ini diharapkan bisa menjadi titik awal untuk saling mengenal antar anggota HMD Sosiologi. Melalui kegiatan ini juga diharapkan seluruh anggota HMD Sosiologi dapat menyadari akan pentingnya solidaritas, kerja sama, dan tanggung jawab dalam sebuah organisasi. Bersama Kabinet Bimasatya (Bersinergi Bersama, Ciptakan Karya).

Written by: Emilia Putri Purnama 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOSIALISASI DAN WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 2023

Malang, 30/09/2023 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa oleh HMD Sosiologi Universitas Negeri Malang. Tahun ini kegiatan Sosialisasi PKM mengusung tema "Upgrade Your Activity To Unlimited Creativity" dengan harapan para mahasiswa sosiologi bisa meningkatkan kreativitas dan idenya tanpa terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia PKM kepada mahasiswa Pendidikan Sosiologi agar dapat menyusun proposal PKM dengan baik. Sosialisasi tersebut dilakukan secara online melalui zoom meeting dan untuk tahun ini kegiatan sosialisasi PKM dikemas cukup berbeda dibandingkan tahun lalu. Dimana pada tahun ini terdapat dua rangkaian acara yang pertama yaitu sosialisasi itu sendiri dan yang kedua adalah Workshop PKM yang dilakukan 4 minggu setelah kegiatan sosialisasi PKM. Kegiatan Sosialisasi PKM dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu saudari Sofea Erra Malindo. Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia raya da

SOSIOLOGI MENGABDI 2024

 SOSIOLOGI MENGABDI Pengabdian masyarakat merupakan suatu bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sosial. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dalam berbagai program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Melalui program pengabdian masyarakat, diharapkan panitia Sosiologi Mengabdi ini dapat belajar langsung dari masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan sekitar, khususnya pada tempat pelaksanaan pengabdian kita yang bertempat di Dusun Klerek, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kegiatan ini dilakukan secara dua hari yang dimana hari pertama diisi dengan acara pembukaan, lalu dilanjut dengan sosialisasi terkait penyakit DBD di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, lalu dilanjut dengan sosialisasi terhadap warga setempat dan yang terakhir adalah nimbrung bareng KARTAR “Karang Taruna” desa. Dan hari kedua diisi dengan senam bersama, kerjabakti sungai dan

SOSIOLOGI CUP 2024⚽🏸

Malang, 13 September 2024 hingga 15 september 2024 telah terlaksananya program kerja terbaru HMD Sosiologi UM bidang olahraga yakni Sosiologi Cup (SOSCUP). Kegiatan SOSCUP 2024 ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Pada hari pertama, terdapat pertandingan futsal internal yang diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM angkatan 2021-2024. Pada pertandingan futsal ini juara satu dimenangkan oleng tim futsal AWANG FC dan juara dua dimenangkan oleh tim BONVEN FC. Dilanjutkan pada hari kedua, pertandingan badminton yang juga diikuti oleh delegasi masing-masing offering sosiologi UM. Yang juara satu dimenangkan oleh offering A angkatan 2023 dan juara dua dimenangkan oleh offering A angkatan 2022. Selanjutnya di hari terakhir ini terdapat pertandingan futsal yang melibatkan pihak eksternal, yakni mahasiswa sosiologi Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. Yang dimana pada pertadingan futsal eksternal ini mengambil tiga juara terbaik. Juara pertama